Tuesday, January 11, 2011

Resiko eCommerce


Meskipun eCommerce merupakan sistem yang menguntungkan karena dapat mengurangi biaya transaksi bisnis dan dapat memperbaiki kualitas pelayanan kepada pelanggan , namun sistem eCommerce ini beserta semua infrastruktur pendukungnya mudah sekali disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dan bisa juga terkena kesalahan-kesalahan yang timbul melalui berbagai cara. Kerusakan hebat bisa terjadi pada semua elemen yang berkaiatan dengan sistem ini baik itu dalam sistem perdagangan komersial, institusi finansial, service provider, bahkan konsumen sekalipun. Harus diakui, sesuatu yang dibuat oleh manusia itu memang tidak ada ynag sempurna.
Dari segi pandangan bisnis, penyalahgunaan sistem yang terjadi, terdiri atas:
  • Kehilangan segi finasial secara langsung karena kecurangan
Seseorang atau penipu yang berasal dari dalam ataupun dari luar mentransfer sejumlah uang dari rekening yang satu ke rekening yang lainnya atau dia telah menghancurkan/ mengganti semua data finansial yang ada.
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga
Pada umumnya banyak organisasi maupun lembaga-lembaga yang menyimpan data rahasia yang sangat penting bagi kelangsungan hidup mereka. Misalnya, kepemilikan teknologi atau informasi pemasaran maupun infosmasi yang berhubungan dengan kepentingan konsumen/client mereka. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak da n dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan layanan
Bergantung pada layanan elektronik dapat mengakibatkan gangguan selam periode tertentu yang tidak dapat diperkirakan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non tekni, seperti aliran listrik tiba-tiba padam, atau jenis-jenis gangguan tak terduga lainnya.
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pijhak yang tidak berhak
    Pihak luar mendapatkan akses yang sebenarnya bukan menjadi haknya dan dia gunakan hal itu untuk kepentingan pribadi. Misalnya, seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu, dengan seenaknya sendiri dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke dalam rekeningnya sendiri.
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen
Kepercayaan konsumen tarhadap sebuah perusahaan/lembaga/institusi tertentu dapat hilang karena berbagai macam faktor, seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut, dan bisa juga berupa kesalahan-kesalahan fatal yang dilakukan oleh perusahaan itu yang mengakinbatkan kepercayaan konsumen berkurang.
  • Kerugian-kerugian yang tidak terduga
Gangguan terhadap transaksi bisnis, yang disebabkan oleh gangguan dari luar yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, keslahan faktor manusia, atau kesalahan sistem elektronik, mengakibatkan kerugian transaksi bisnis yang tidak bisa dihindari. Terutama dari segi finansial. Sebagai contohnya, konfirmasi sebuah transaksi tidak diterima dengan baik seperti sebagaimana mestinya. Kehilangan kesempatan bisnis, hilangnya kredibilitas dan reputasi, dan kerugian biaya yang merupakan resiko yang sewaktu-waktu bisa terjadi, namun kita harus siap mengatisipasi atau mencegahnya.


Berdasarkan semua uraian tadi, terlihat bahwa melakukan atau menyusun kegiatan eCommerce tidak semudah kita membalikkan telapak tangan. Banyak sekali faktor yang harus kita perhatikan dan pertimbangkan. Kita harus mengasumsikan bahwa semua keuntungan yang akan diraih harus mengasumsikan bahwa semua keuntungan yang diraih ekuivalen/ sebanding dengan nilai kerugian yang mungkin timbul. Tinggal keberunrungan kita tinggi atau tidak, usaha kita sungguh-sungguh atau tidak. Kedua hal itu akan menentukan jalan dan hasil yang aka diraih.
Untuk itu, orientasi posting ini bukan pada pemberian solusi. Lebih tepatnya, buku ini akan berusaha untukmemberikan gambaran pada Anda, peta dan petunjuk tentang dunia eCommerce, dan sekaligus menyadarkan Anda bahwa dunia virtual ini masih luas sekali, masih banhyak aspek-aspek yang harus dikembangkan dan diterapkan. Kesempatan masih terbentang luas, dan kita harus memanfaatkannya.

17 comments:

  1. fat burner Phen375 diet pill review. Find out what it is and how it can benefit you in your weight loss problems.

    ReplyDelete
  2. " Electric Power Saver" Find out how 1 simple device has helped over 1 million savvy home and business owners save on energy costs. And your power company has been using this same technology for over 60 years to make the power grids more efficient.

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing this information. I really like your blog post very much. You have really shared a informative and interesting blog post with people..
    Cabo Yacht Charters

    ReplyDelete
  4. I am happy to find this post very useful for me, as it contains lot of information. I always prefer to read the quality content and this thing I found in you post. Thanks for sharing.
    Cabo Yacht Charters

    ReplyDelete
  5. Franchise consultant Revolutionary business brokerage and franchise brokerage with low commissions, high quality work, willing to work with sellers and buyers, to ensure high quality deals. Confidentiality is #1. No upfront fees make us an industry leader. We will co-broker any deal and we give money back to buyers of businesses and franchises to add to their working capital.

    ReplyDelete
  6. james lyle Acadia rangers carry out James Lyle dog stuck with porcupine quills.

    ReplyDelete
  7. investigación de fraudes Grupo Arga Detectives es una agencia de investigacion privada con amplia experiencia en vigilancias y seguimientos. Contacta con un detective privado experto en la obtenci investigación de fraudes Grupo Arga Detectives es una agencia de investigacion privada con amplia experiencia en vigilancias y seguimientos. Contacta con un detective privado experto en la obtención de pruebas. Solicita precios y tarifas de nuestros detectives en España y en el extranjero.ón de pruebas. Solicita precios y tarifas de nuestros detectives en España y en el extranjero.

    ReplyDelete
  8. liposuction nyc We provide the best liposuction services in New York City. Learn more about our liposuction procedures at Allure Plastic Surgery.

    ReplyDelete
  9. Thanks for your marvelous posting! I actually enjoyed reading it, you could be
    a great author.I will remember to bookmark your blog and will
    eventually come back from now on. I want to encourage you to continue your great
    writing, have a nice weekend!제주출장안마


    ReplyDelete
  10. BUY SPOTIFY PLAYS REAL PLAYS TO BOOST YOUR MUSIC.
    We will promote your tracks and give you very good promotion Buy spotify plays

    ReplyDelete
  11. yellow xanax
    How long does Xanax stay in your system? The amount of time it takes for the amount of medication to decrease by half in your body is called its half-life. Even though a dose wears off relatively quickly, the half-life of Xanax is about 11 hours. Xanax 2 mg

    ReplyDelete
  12. Samoyed puppy We have been branded as the best cattery for breeding healthy kittens and puppies ready for a home.

    ReplyDelete
  13. motherhood CO.MOM is a fun new online magazine and social network community created by moms for moms. Read interesting articles, get advice from our agony aunt, aunt\y anne, learn how to earn an income online with our guru debbie or you can even seek medical advice from our resident physician dr samantha and relax while checking out the latest horoscopes from our trained mystic. Theres even a thriving forum community where moms of the world can get together and enjoy good conversation along with lots of other fun ways to kill some time with a cuppa when taking a break from being super mom at co.mom.

    ReplyDelete

Advertise