Thursday, September 30, 2010

Lawang Sewu

Bangunan kuno yang dikenal sebagai bangunan bersejarah dan memiliki nilai magis. Berdiri kokoh di pusat kota Semarang kawasan Tugu Muda yang sekarang sering dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda pada malam hari (ya kalo siang g mungkin, soalnya tugu muda kalo siang kan panas banget bang). Benar sekali, kota Semarang memang memiliki suhu udara yang panas, maklum karena dekat laut. Maka dari itu jika berkunjung ke Semarang memang lebih enak kalo malam hari, lagi pula pada siang hari juga sering macet, kendaraan yang semakin padat dibarengi dengan kesibukan kerja.
Lawang Sewu
Kebanyakan orang jika mendengar Lawang Sewu pasti pada mikir kalau itu tempat angker.(mungkin juga sih). Namun sekarang lawang sewu juga difungsikan sebagai katar PT. KAI dan dinas perhubungan. Namun karisma lawang sewu sebagai tujuan wisata utama di kota semarang tidak pudar. Lawang sewu tetap menarik wisatawan untuk berkunjung. Dulu pada jamannya mbah Harto(Presiden RI pada jaman Orba), sempat lawang sewu akan dibeli oleh kelurga cendana untuk dijadikan sebagai hotel berbintang. Nah, apa jadinya coba kalau niatan itu benar-benar terjadi. Namun karena ridho Allah SWT, lawag sewu tetap berdiri kokoh(jiaahh..).
Tapi bagaimana sih qo bisa dikatakan sebagai lawang sewu? Ya itu karena di bangunan lawang sewu terdapat lawang (dalam bahasa Indonesianya "pintu" ) yang sangat buanyak. Sehingga dinamakan lawang sewu.
Kenapa lawang sewu sangat kental dengan kata "angker"? Dulu pada jaman perjuangan, terdapat sekumpulan pemuda yang doyan memperjuangkan bangsa kita walaupun nyawa taruhannya, mereka menamakan dirinya sebagai "Angkatan Muda Kereta Api" yang melawan bangsa Jepang atau tentara Kido Buati. Dibangunan lawang sewu itulah terjadi pembantaian dan penyiksaan yang kabarnya memakan nyawa tidak sedikit, artinya banyak.
Lawang sewu mulai dibangun pada tahun 1903 dan diresmikan pada 1 Juli 1907. Bangunan tesebut telah termasuk dalam 102 bangunan bersejarah yang wajib dilindungi. Lawang sewu memiliki menara kembar model gotic pada sisi kanan dan kiri gerbang utama. Bangunan berbentuk memanjang ke belakang yang semakin menegaskan kekokohan dan kemegahan bangunan tersebut.
Tidak hanya itu wisata yang terdapat di kota Semarang. Berkunjunglah di kota yang memiliki aneka jenis makanan khasnya ini.

Nuwun...

No comments:

Post a Comment

Advertise