Friday, March 25, 2011

Kerajinan Dari Uang Logam


Anda tahu jika peredaran mata uang kita sekarang uang receh semakin lama akan semakin menghilang di peredaran. Mengapa? Karena banyak masyarakat kita yang mengunakannya sebagai alat kerokan badan jika keluarga masuk angin. Maaf, saya cuma bercanda.
Bukan penyebab itu yang akan saya sampaikan. Menurt YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia), banyak uang koin hilang karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap uang koin, sehingga sering terjadi penyelundupan. Dan mungkin masyarakat kurang menghargai nilai mata uang yang kita anggap kecil. Hal ini juga dibenarkan oleh Direktur Peredaran Uang BI. Bapak direktur mengatakan perbandingan dari pengembalian uang koin dari 30 yang diedarkan, hanya 20 yang dikembalikan.
Kasus penyelundupan uang koin itu sendiri tidak hanya terjadi pada negara tercinta kita saja, dinegara lain seperti negara tetangga kita pun banyak tejadi kasus serupa. Bahkan polisi sudah sering menghentikan dan mendapatkan kasus tersebut.


Kemudian apa hubungannya dengan kerajinan? Menurut dari data yang saya dapatkan, uang koin memiliki material yang sangat bagus untuk digunakan sebagai bahan dasar kerajinan. Sehingga dengan penggunaan bahan dasar uang koin para pengrajin akan mendapatka harga jual yang tentunya memuaskan

No comments:

Post a Comment

Advertise