Wednesday, March 23, 2011

Konflik Libya

Genjatan senjata merupakan jalan terbaik untuk menyelesaikan konflik di Libya. Pernyataan tersebut disampaikan oleh menteri pertahanan Rusia Anatoly Seryukov setelah menerima kedatangan rekannya menteri pertahanan Amerika Serikat Robert Gates. Para korban baik dari warga sipil maupun kubu pendukung Qadhafi.
Pemungutan suara para anggota dewan PBB memutuskan memberikan mandat kepada Amerika Serikat dansekutunya yaitu Inggris, Prancis, dan negara barat lainnya untuk melakukan serangan keLibya dan menerapkan larangan terbang. Dan dua hari setelah resolusi tersebut, pasukan sekutu yang dikomando Amerika Serikat memborbardir sistem pertahanan Libya. Kelompok oposisi dan penentang Qadhafi pun mulai menduduki kota-kota penting yang sebelumnya menjadi kota pemerintahan Qadhafi. Namun hingga sekarang Qadhafi tetap bersikukuh untuk mempertahankan kedudukannya walaupun rakyat lebih banyak yang menuntut Qadhafi untuk melepas tahta kekuasaannya.
Pasukan militer dan orang-orang dekat yang sebelumnya mendukung Qadhafi sedikit demi sedikit meninggalkannya.
Entah apa yang membuat Qadhafi untuk bersikukuh dalam jabatannya tersebut. Memang banyak segi pandang tentang Qadhafi jika kita bertanya kepada yang ProQadhafi dan yang KontraQadhafi.
Konflik yang terjadi di negara Timur tengah harus segera di selesaikan mengingat ini akan mempengaruhi perekonomian Internasional. Terutama minyak bumi.

No comments:

Post a Comment

Advertise