Tuesday, March 22, 2011

Tipe hutan pegunungan dan jenis-jenis hutan


Hutan pegungan dibagi menjadi empat tipe:
1. Hutan dataran rendah pada ketinggian 0 - 1.200m
2. Hutan pegunungan bawah pada ketinggian 1.200 - 1.800m
3. Hutan pegunungan atas pada ketinggian 1.800 - 3.000m
4. Hutan subalpin pada ketinggian di atas 3.000m
Dan para ilmuwan mengelompokkan hutan berdasarkan variasi sistem ekologi. Iklim, tanah, dan kelembaban dalam enam kelompok:
1. tropical rain forests
2. tropical seasonal forest
3. temperate deciduous forest
4. temperate evergreen forest
5. boreal forest
6. savannah
Tropical rain forest tumbuh di dekat garis equator, dimana iklim sepanjang tahun hangat dan basah. Sebagian besar hutan ini tumbuh di lembah sungai Amazon, lembah sungai Kongo, dan di wilayah Asia Tenggara.
Dari kelompok enam hutan tersebut hutan tropis memiliki keragaman tumbuhan dan hewan yang paling banyak. Dalam area 2,6 km persegi terdapat sekitar 100 species dapat tumbuh. Sebagian tumbuhan berdaun lebar dan hijau sepanjnag tahun. Terdapat tumbuhan palm dan paku-pakuan. Sebagian besar hutan ini membentuk tiga lapisan. Paling atas adalah canopy yang dapat mencapai ketinggian hingga 46 meter, tumbuhan yang melebihi canopy dinamakan emegement. Sedangkan di lapisan kedua dinamakan understory.
Dan dilapisan ketiga dinamakan shurb layer dan tumbuhan herbal. Sering kali tumbuhan pada lapisan ini merambat atau menempel pada cabang-cabang pohon lapisan canopy. Karena sinar matahari pada lapisan shurb sangat sedikit. Sehingga dengan cara menempel pada cabang atau menempel pada tumbuhan lapisan canopy, mereka dapat memperoleh sinar matahari.  Sebagian besar hewan-hewan mencari makanan mereka pada lapisan shrub layer.
Tropical seasonal forest , tumbuh di wilayah tertentu di daerah beriklim tropis dan sub tropis. Wilayah ini memiliki musim panas dan musim hujan bergantian setiap tahunnya, atau iklim yang agak lebih dingin dibanding hutan hujan tropis. Daerah ini meliputi Amerika tengah, Amerika selatan bagian tengah, selatan Afrika, India, timur Cina, Australia utara, dan kepulauan di pasifik  termasuk Indonesia. 
Temperate deciduous and evergreen forest  memiliki banyak keragaman pohon, meskipun tidak sebanyak hutan hujan tropis. Terdapat juga beberapa tanaman rambat dan tumpang. Beberapa pohon berguguran dan tumbuh kembali, terutama di daerah yang memiliki perbedaan yang sangat jelas antara musim panas dan musim hujan. Lapisan canopy bisa mencapai ketinggian 30 meter. Satu lapisan understory tumbuh dibawah canopy. Bambu dan palem memenuhi lapisan semak, dan lapisan tebal tumbuhan herbal menempel di tanah.  Binatang yang tinggal di dalamnya, mereka yang hidup di hutan hujan tropis.
Hutan luruh iklim sedang tumbuh di sebelah timur Amerika utara, eropa barat dan asia timur. Wilayah ini memiliki musim panas dan musim dingin. Lapisan canopy mencapai ketinggian 30 meter, dua jenis pohon atau lebih mendominasi lapisan canopy, yang berguguran daunnya di musim gugur. Lapisan tengah dan semak mungkin agak tebal. Juga dihuni binatang besar seperti beruang, rusa, dan serigala. Ada juga ratusan binatang menyusui yang lebih kecil dan burung. 
Savannah adalah suatu daerah yang memiliki pohon dengan jarak luas. Beberapa padang rumput pohon tumbuh dalam satu gerombolan, ada juga yang tumbuh menyendiri. Sebagian besar tanah ditumbuhi oleh semak dan tumbuhan herbal, terutama rumput, sehingga savana disamakan dengan padang rumput. Savana terutama ditemukan diwilayah yang memiliki sedikit curah hujan, tanah yang tidak subur, sering timbul kebakaran, atau hal lain yang menghambat tumbuhnya pohon. Binatang yang hidup di padang rumput diantaranya,kijang ,banteng, jerapah, singa, macan dan zebra.

No comments:

Post a Comment

Advertise