Tuesday, March 22, 2011

Peralatan pribadi dan kelompok dalam caving


Dalam melakukan penelusuran gua, peralatan terdiri dari peralatan pribadi dan kelompok. Peralatan kelompok biasa digunakan sebagai jalur atau pengaman. Sedangkan perlengkapan pribadi adalah perlengkapan yang harus digunakan oleh masing-masing anggota tim.
Berikut merupakan peralatan pribadi:  
  1.  Helm caving,  memiliki ciri pada bagian depannya yang dilengkapi dengan lampu penerangan. Dan diantara cangkang helm dan kepala terdapat rongga sebagai peredam benturan.
  2. Alat penerangan. Alat ini sangat vital untuk digunakan mengingat kondisi di dalam gua selalu gelap. Dianjurkan untuk membawa minimal tiga buah alat penerangan yang berbeda cara penggunaanya. Contoh alat penerangan yang biasa dipakai : Boom, senter, dan lilin. 
  3. Cover all. Perlengkapan ini sangat mirip dengan jas hujan. Cover all dapat menutup seluruh badan dari leher hingga kaki. Hal ini mengingat kondisi di dalam gua yang basah dan tidak terkena sinar matahari.
  4. Boot. Penggunaan sepatu sangat dianjurkan karena medan gua yang bersifat licin, basah, terdapat bebatuan runcing dan genangan air. Sepatu yang kita gunakan harus berbahan karet dan tidak menyerap air, dan juga jangan lupa, pilihlah sol sepatu yang kuat. 
  5. Pelampung. Pelampung kita gunakan jika kita melakukan penelusuran gua yang berpotensi terdapat genangan maupun aliran air yang cukup dalam.
  6. Sarung Tangan. Sarung tangan yang dianjurka disini adalah sarung tangan yang yang dapat menahan panas gesekan pada tali dan dapat digunakan untuk melindungi tangan kita dari permukaan dinding gua yang kasar.
  7. SRT (Single Rope Technic)
       Yang terdiri dari:
a     Seat harness
b     Ascender
c      Descender
d     Million Rapide
e     Chest Harness
f       Cow stail
g     Foot loop

       Peralatan kelompok:
  • Tali. Tali yang kita gunakan disini adalah tali yang sama kita gunakan dalam panjat tebing. Namun lebih baik kita menggunakan tali yang bersifat satatis rope.
  •  Ladder. Terbuat dari tali atau kawat baja. Digunakan dalam pitch pendek dengan lintasan overhang.
  •  Padding. Digunakan untuk menghindari gesekan tali dengan batuan tebing yang dapat merusak tali. Padding biasanya terbuat dari bahan terpal yang kuat dan tahan terhadap gesekan.
  •  Peralatan kelompok lain:
-      Webbing                    
-      Pengaman tambatan
-      Pulley
-      Carabiner
-      hammer

No comments:

Post a Comment

Advertise