Tuesday, March 22, 2011

HUTAN


Hutan merupakan wilayah luas yang ditumbuhi oleh berbagai macam makhluk hidup dan ditumbuhi oleh berbagai macam jenis tumbuhan, yang merupakan habitat hidup berbagai macam hewan. Di dalam hutan terdapat berjuta-juta makhluk hidup yang hanya dapat kita lihat menggunakan mikroskop. Tumbuhan seperti lumut, pepohonan, semak belukar, tumbuhan liar, serta hewan-hewan yang terdapat di dalamnya akan membentuk sebuah ekosistem yang akan menjaga kelangsungan hidup mereka. Hubungan antara makhluk yang satu dengan yang lain sangat berpengaruh.
Tumbuhan di dalam hutan membutuhkan mineral, air, zat-zat lain serta sinar matahari untuk memproses makanan. Tumbuhan tersebut menjadi makanan bagi hewan herbivora. Dan secara tidak langsung, hewan yang memakan tumbuhan tersebut membantu untuk menyebarkan benih-benih tanaman tersebut. Hewan herbivora menjadi makanan bagi hewan karnivora. Dan pada saat hewan dan tumbuhan mati, mereka akan diuraikan oleh bakteri dan jamur yang akan mengembalikan kandungan unsur hara yang terdapat di dalam tanah.
Namun seiring dengan perkembangan dan meningkatnya populasi manusia, keberadaan hutan menjadi semakin sempit. Dengan semakin banyaknya orang yang membangun tempat tinggal dan membuka lahan untuk pertanian. Padahal manusia membutuhkan oksigen sebagai penghasil oksigen sebagai kebutuhan hidup. Dulu 60% daratan merupakan hutan, sekarang tinggal 30%. Selain sebagai penghasil oksigen, hutan juga memiliki berbagai macam manfaat di antaranya manfaat ekonomidan hiburan.
Pada jaman dahulu, hutan merupakan tempat hidup manusia dan mencari makanan dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan dari tumbuhan hutan. Sampai sekarang pun masih terdapat sekumpulan orang yang hidup di hutan pedalaman menjadi bagian dari hutan tersebut. Sekarang ini manusia lebih memandang hutan sebagai aset yang dapat menghasilkan uang dan hanya sekedar refreshing.
Hutan dari sisi ekonomi menghasilkan produk berupa kayu maupun rotan, yang dapat diolah menjadi bahan baku seperti kayu lapis, furniture, kertas dan masih banyak lainnya. Tidak hanya kayunya, hutan juga menghasilkan  minyak, latex yang bisa digunakan sebagai bahan pembuat karet, terpentin, getah. Itu semua dapat kita manfaatkan asal kita dapat menjaga kelestarian hutan tersebut. Namun karena keserakahan manusia dan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, hutan menjadi semakin sempit dan juga menimbulkan efek semakin berkurangnya populasi makhluk hidup di dalamnya.
Dari segi lingkungan, hutan membantu konservasi lingkungan dalam produk, perbaikan, serta pencegahan. Hutan dapat mencegah tanah longsor dan banjir. Air hujan dapat diserap oleh tanah dan menjadi air tanah yang menjadi mata air bersih yang mengalir membentuk sungai, danau dan air sumur. Tanpa adanya pepohonan di hutan maka air yang melalui permukaan tanah tersebut akan sering mengalami longsor karena tidak ada akar pohon sebagai penahan. Tumbuhan hijau sebagai penghasil oksigen sangat berpengaruh bagi kelangsungan makhluk hidup. Dan dapat memperbaiki lapisan atmosfir.
Dari segi hiburan, keindahan di dalam hutan adalah hal yang luar biasa. Mengamati hewan-hewan dan tumbuhan yang jarang kita temui di kehidupan sehari-hari merupakan hal yang menarik. Hutan juga dapat kita manfaatkan sebagai sarana berkemah, hiking, bahkan berburu.

No comments:

Post a Comment

Advertise