Wednesday, March 9, 2011

Struktur Candi Borobudur

Candi ini memiliki struktur punden berundak. Terdiri enam pelataran bebentuk bujur sangkar, tiga pelataran bebentuk melingkar dan satu puncak. Pada setiap pelataran terdapat sebaran stupa kecil. Pelataran ini dapat menggambarkan secara jelas yang kita sebut filsafat Mahayana. Dalam sebuah kitab budha menunjukkan sepuluh tingkatan bodhisattva untuk mencapai kesempurnaan.
Pelataran tingkat paling bawah candi dinamakan Kamadhatu, yaitu kehidupan yang masih dikuasai oleh hawa nafsu rendah (kama). Sebagian besar bagian ini tertutupi batu untuk memperkuatan pondasi candi, namun kita masih dapat membaca beberapa reliefnya pada tingkat ini. Dalam tingkat ini terdapat 120 cerita Kammawibhangga.
Empat lantai yang terdapat relief di dindingnya dinamakan Ruphadatu yang lantainya berbentuk persegi. Dalam tingkatan ini orang dianggap telah dapat membebaskan dirinya dari nafsu. Tingkatan ini melambangkan antara alam bawah dan alam atas. Pada bagian ini terdapat arca-arca budha yang terdapat pada bagian ceruk dinding atas ballustrade atau selasar.
Mulai lantai ke lima hingga ke tujuh dinding candi sudah tidak memiliki relief, dan lantai candi beebentuk melingkar. Ini dinamakan tingkatan Arupadhatu (yang berarti tidak berupa dan tidak berwujud). Pada tingkatan ini, seseorang dikatan terbebas dari segala keinginan dan ikatan, yang meliputi bentuk dan rupa, namun belum mencapai nirwana (kesempurnaan). Arca yang terdapat dalam tingkatan ini berada di dalam stupa yang memiliki lubang-lubang, sehingga dapat kita lihat dengan samar dari luar.
Tingkatan tertinggi adalah stupa. Stupa terbesar pada candi ini tidak memiliki lubang-lubang, sehingga tertutup rapat. Dulu pernah ditemukan patung Budha tidak sempurna di dalamnya yang dinamakan unfinished Buddha yang disangka adalah Adibuddha. Namun itu disangkal oleh para arkeolog, mereka mengatakan bahwa patung tersebut hanyalah kesalahan pemahatan. Para arkeolog juga banyak menemukan hal tersebut di stupa peralatan candi.

No comments:

Post a Comment

Advertise