Tuesday, October 19, 2010

Kabar Gunung Merapi

Beberapa pekan hingga sekarang merapi kembali gonjang-ganjing. Aktifitasnya semakin meningkat dari normal menjadi waspada. Peningkatan gunung Merapi memang cukup signifikan dengan dilihat dari kuantitas gempa multiphase atau gempa permukaan dan gempa vulkanik. Gunung yang telah ditetapkan sebagai gunung ter- aktif di dunia ini telah berkali-kali mengeluarkan isi perutnya. Terhitung sebanyak 70X letusan telah terjadi, bukan termasuk letusan kecil. Hingga saat ini keadaan puncak gunung Merapi masih diselimuti asap tebal.
Foto kawah Merapi
Untuk lokasi wisata kaliurang masih bisa dikunjungi, dan untuk para pendaki masih diperbolehkan. Namun demi keselamatan pendaki lebih baik tidak mendaki sampai puncak Garuda. Para warga lereng merapi pun hingga saat ini juga masih beraktifitas seperti biasa. Mereka menganggap situasi ini masih wajar. Mereka merasa jika merapi mau memuntahkan laharnya, penduduk akan mengetahuinya dengan kondisi-kondisi alam yang terjadi. Seperti monyet-monyet hutan yang akan turun untuk menyelamatkan diri dengan insting hewannya.
masyarakat hanya diharap sementara untuk waspada saja dalam menanggapi peningkatan aktivitas gunung Merapi hingga saat ini.

No comments:

Post a Comment

Advertise