Wednesday, October 20, 2010

Pelabuhan Tanjung Mas Semarang

Mercusuar Pelabuhan Tanjung Mas
Semarang jaman doeloe dan jaman sekarang memang sangat berbeda. Pada jaman dahulu pelabuhan semarang berada di daerah yang sering kita sebut Semarang bawah, yang tepatnya sekitar daerah Pasar Bulu yang sekarang menjadi kawasan tugu muda. Namun dengan seiring berkembangnya jaman, tempat yang dulunya sebagai pelabuhan sekarang menjadi daerah kawasan pusat kota. Bibir pantai yang dulu terletak di daerah Pragota yang sekarang menjadi Bergota (pemakaman) dan awal dari sejarah kota Semarang, terdapat gugusan pulau-pulau kecil dan mengendap sehingga pulau-pulau tersebut menyatu. Sehingga bibir pantai menjadi menjorok jauh keluar. Endapan  Bibir pantai sekarang semakin menjorok keluar yang digunakan sebagai pemukiman dan pabrik maupun perkantoran.
Namun jika dilihat jaman sekarang, daerah Semarang bawah semakin terlahap oleh rob air laut yang semakin menimbun kawasan penduduk. Apabila hujan lumayan deras, tidak diragukan lagi kalau daerah Semarang bawah banjir.
Orang Semarang menganggap Semarang terdapat dua daerah, yakni Semarang atas dan Semarang bawah. Itu mengapa karena Semarang memilki medan jalan yang naik turun. Seperti pusat pemerintahan kota Semarang berada di Semarang bawah. Dan pada sisi Selatan biasa disebut Semarang atas. Semarang bawah merupakan daerah rawan banjir jika hujan turun cukup deras, sehingga rob pun sering menenggelamkan pemukiman warga kota Semarang bawah.

No comments:

Post a Comment

Advertise