Monday, October 4, 2010

Kota Lama

Kota lama merupakan saksi bisu masa kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh Kota Semarang. Kawasan yang memiliki arsitektur sangat kental dengan masa kolonial Belanda. Kota lama ini bagai kota kecil yang ada dalam sebuah kota.  Kawasan yang memiliki masa kejayaan sekitar abad 18 ini dahulunya adalah pusat perdagangan yang sangat ramai pada masanya.
Kota Lama dahulu
Untuk mengamankan wilayah dan warganya dibangunlah benteng yang diberi nama benteng Vijhoek. Untuk mempercepat jalur perhubungan antar gerbang, maka dibangunlah jalan-jalan penghubung. Seperti pada halnya adalah jalan utama Heeren Straat, yang sekarang bernama jalan Let Jen Soeprapto. Dan salah satu pintu gerbang yang masih ada sampai sekarang adalah jembatan Berok, yang dahulunya disebut De Suider Por.
Pabrik rokok di Kota Lama
Pada sekeliling kawasan kota lama kita jumpai  sungai yang dahulunya dapat dilewati oleh kapal layar sebagai penghubung transportasi air. Kapal layar dapat melaluinya dari laut hingga daerah Sabranan daerah pecinan. Pada masa itu Belanda sempat menduduki peringkat kedua sebagai negara penghasil gula terbesar untuk seluruh dunia. Pada masa itu sedang terjadi tanam paksa atau yang sering kita dengar cultur stelsel di seluruh kawasan Hindia Belanda.
Kawasan kota lama disebut juga Outstadt. Dengan luas sekitar 32 hektar. Dilihat dari letak geografis, kota lama terihat terpisah dengan daerah sekitarnya. Bagai kota yang tersendiri, sehingga mendapat julukan  “Little Netherland”.
Kota Lama di malam hari
Jika kita lihat sekarang, kota lama tetaplah indah untuk dijadikan tempat wisata. Terutama jika malam hari akan semakin terlihat kesannya sebagai kota jaman dahulu yang eksotis. Dengan pancaran lampu kuningnya membuat semakin menawan tempat tersebut. Di dalam kawasan kota lama juga masih terdapat gereja Blenduk yang masih digunakan sebagai tempat ibadah. Dan polder stasiun tawang yang kencang dengan hembusan anginnya.
Silahkan berkunjung ke kota Semarang dan bawalah oleh-oleh untuk sanak kerabat anda.
Suwun..

No comments:

Post a Comment

Advertise