Sunday, November 14, 2010

Nasib Para Pengrajin Kota Gudeg Saat Ini

Terjadinya erupsi gunung merapi yang berakibat jogja dan sekitarnya mengalami dampaknya. Diantaranya adalah kota yang memiliki julukan "Kota Gudeg" ini mengalami kelumpuhan di beberapa sektor perindustrian. Terutama adalah industri kerajinannya. Bagaimana bisa tidak? Para wisatawan dari mancanegara maupun lokal pasti tidak berani untuk menyantroni kota Jogja untuk saat ini, orang penduduknya saja baru pada mengungsi. Meskipun pesanan kerajinan masih tetap datang, para pengrajin tentu saja untuk saat ini memilih mengungsi dari pada menantang maut yang bisa saja datang tiba-tiba.
Hampir 80% industri kerajinan di Jogja tidak berproduksi untuk saat ini. Tidak hanya industri kerajinan saja, banyak pendukung perekonomian yang meliburkan diri hingga gunung Merapi kembali stabil dengan aktifitasnya yang bersahabat. Bahkan bank-bank disana pun tutup untuk sementara waktu,sehingga para pengrajin yang nekad melakukan pekerjaannya pun akan kesulitan dengan modal.
Oleh sebab itu, Asosiasi Industri Permebelan & Kerajinan Indonesia (ASMINDO), melakukan usaha-usaha untuk membantu para pengrajin untuk mendapatkan modal guna membantu mengembalikan kepulihan industri kerajinan mereka.melalui dukungan Kementerian Industri dan Perdagangan.

No comments:

Post a Comment

Advertise