Tuesday, January 11, 2011

Jenis-Jenis eCommerce

Jenis eCommerce
Secara umum, kita bisa mengklasifikasikan eCommerce menjadi dua jenis, yaitu Business to Business (B2B) dan Business to Consumers (B2C). Apa yang menjadi perbedaan kedua jenis eCommerce itu? Berikut kita akan bahas secara singkat mengenai kedua jenis eCommerce tersebut.
Business to Business, karakteristiknya adalah:
  • Trading partners yang saling menguntungkan dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama. Pertukaran informasi hanya berlangsung di antara mereka dan karena sudah sangat mengenal maka pertukaran informasi tersebut dilakukan atas dasar saling percaya.
  • Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati. Jadi service yang digunakan antar kedua sistem tersebut sama dan menggunakan stAndart yang sama pula.
  • Salah satu pelaku tidak harus menunggu partner mereka lainnya untuk menyimpan data.
  • Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua belah pihak pelaku bisnis.
Business to consumers, karakteristiknya adalah:
  • Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan secara umum pula.
  • Service yang dilakukan juga bersifat umum, sehingga mekanismenya dapat digunakan oleh orang banyak. Sebagai contoh, karena sistem web sudah umum dikalangan masyarakat maka sistem yang digunakan adalah sistem web pula.
  • Service yang diberikan adalah berdasarkan permintaan. Konsumen bernisiatif sedangkan produsen harus siap memberikan respon terhadapa inisiatif konsumen tersebut.
  • Sering dilakukan sistem pendekatan client-server, dimana konsumen di pihak client menggunakan sistem yang minimal (berbasis web) dan penyedia barang/jasa (business procedure) berada pada pihak server.
Sekarang kita lihat bagaimana perkembangan kedua jenis eCommerce tersebut. Menurut sebuah research yang dilakukan oleh E&Y Consulting, perkembangan Business to Business lebih cepat dibandingkan dengan sistwm Business to Consumer. Lihat gambar 1.3 prediksi perkembangan eCommerce di tahun 2003.


Namun kita tidak bisa mengabaikan begitu saja keberadaan Business to Consumer. Karena Business to Consumer masih memilki pangsa pasar yang masih jauh lebih besar dibandingkan dengan Business to business. Hal ini juga akan didukung dengan semakin besarnya penetrasi PC (Personal Computer) ke dalam sistem jaringan global dimana masyarakat dunia juga ikut ambil bagian didalam kegiatan eCommerce. Mereka tidak hanya ingin menjadi bagian sasaran target pasar saja, namun lambat laun, mungkin saja mereka akan ikut ambil bagian didalam kumunitas produsen. Untuk itu, negara yang memilki tiingkat penetrasi PC yang tinggi ke jaringan Global, dianggap negara yang lebih siap untuk menjalankan eCommerce.
Bagian lebih mendetail dari kedua jenis eCommerce bisa dilihat pada bab lain di buku Ebook ini.

No comments:

Post a Comment

Advertise