Monday, January 10, 2011

Pengenalan dan Keuntungan eCommerce


  • Apakah eCommerce itu?
  • Keuntungan apa saja yang bisa diperoleh dengan adanya eCommerce?
  • Bagaimana perkembangan penggunaan internet selama ini?
  • Sekilas mengenai jenis-jenis eCommerce.
  • Sekilas mengenai kegiatan apa saja yang berhubungan dengan eCommerce.
  • Resiko apa saja yang mungkin timbul pada sistem eCommerce?

Apakah Electronic Commerce (eCommerce) itu? Mengapa eCommerce saat ini menjadi pokok pembicaraan yang tiada henti? Bagaimana dengan peranan bangsa Indonesia terhadap demam yang sedang mewabah di pelosok dunia tersebut? Apakah hanya sebagai target pasar atau bahkan menjadi pelaku eCommerce itu sendiri?
Memang tidak mudah menerapkan eCommerce. Karena masih banyak hal yang harus dipelajari dan dipahami baik itu stAndar apa yang digunakan, teknologi apa yang dipakai, sasaran apa yang ingin dicapai, faktor-faktor apa yang mempengaruhi naik turunnya perkembangan eCommerce itu dan masih banyak lagi segi-segi yang harus dibahas lainnya baik itu dari segi tegnologi, sosial, maupun politik.
Electronic Commerce menggambarkan cakupan yang luas mengenai teknologi, proses, dan praktek yang dapat melakukan transaksi bisnis tanpa menggunakan kertas sebagai sarana mekanisme transaksi. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui eMAil, Electronic Data Interchange (EDI), atau bisa juga melalui World Wide Web. eCommerce juga meliputi transaksi di dalam dan di antara sektor bisnis yang khusus (private), serta sistem yang melibatkan komunitas dalam negeri maupun internasional.
Dalam dunia modern ini, eCommerce tela memberikan pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan tata sosial dan ekonomi masyarakat. eCommerce telah menjadi bagian yang penting dari sektor bisnis khusus (private) dan umum (public). Hal ini memang diakui karena dengan adanya eCommerce, biaya operasional bisa dikurangi agar bisa besaing dan berjuang dengan semakin banyaknya permintaan yang mengharuskan pelayanan yang cepat dan akurat. Ini merupaka gejala perkembangan informasi sosial yang berkembang pesat.
Sebagai pernyataan sederhana, eCommerce tidak hanya menjadi mekanisme yang tepat dan membutuhkan biaya yang murah untuk diterapkan, tetapi juga akan menjadi sebuah sistem sosial yang dapat diterima dan dapat diharapkan untuk digunakan.

Definisi eCommerce
Saat ini kita tidak bisa menemui definisi pasti dari kata eCommerce yang sudah disepakati bersama. Namun secara umum kita bisa mengartikan eCommerce.
E-Commerce is dynamic set of technologies, applications,and business process that link enterprises, consumers, and communities through electronic transactions and the electronic exchange of good, services, and information.
(David Baum, “Business Links,” Oracle Magazine, No. 3, Vol. XIII, May/June, 1999. Pp. 36-44.)

Jadi eCommerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Keuntungan eCommerce
Mengapa eCommerce? Mengapa topik pembicaraan ini mejadi hangat dan mengubah trend kehidupan saat ini ke arah itu? Untuk itu, kita perhatikan keuntungan apa saja yang bisa diambil dengan adanya eCommerce:
  • Revenue stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan, yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
  • Dapat menimbulkan market exposure (pangsa pasar).
  • Menurunka biaya operasional (operating cost).
  • Melebarkan jangkauan (global reach).
  • Meningkatka customer loyality.
  • Meningkatkan supplier management.
  • Memperpendek waktu produksi.
  • Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

No comments:

Post a Comment

Advertise