Tuesday, January 11, 2011

Mengembalikan lagi sifat tahan air (waterproff)

Sekarang ini memang lebih banyak orang yang memilki hobi berkegiatan di alam bebas membeli atau menggunakan alat yang memiliki sifat tahan air. Namun tentunya sifat tahan airnya tidak akan abadi atau selamanya. Nah, ada beberapa cara agar sifat tahan air dari barang yang kita miliki dapat kembali lagi. Cara ini dapat kita gunakan pada perlengkapan kita seperti bagpack (ransel), cover bag, tenda, maupun tas carrier (tas gunung). Berikut adalah caranya:
• Pertama siapkan wadah dan masuk campuran berikut. 25 gram sabun cuci, 25 gram agar-agar, 1,5 liter air panas, dan 25 gram tawas. Sampai larut semua bahan tersebut dalam air panas. Setelah larut, tambahkan 2 liter air dingin (suhu normal).
Nah setelah peralatan anda cuci bersih, rendam peralatan dalam larutan tersebut selama 24 jam dan jangan lupa untuk membalik-balikkannya agar basahnya merata. Kemudian jemur tanpa memerasnya, dan jangan terkena sinar marahari langsung. Peralatan andapun akan menjadi tahan air kembali. Tapi ingat, jangan menggunakannya untuk mencuci peralatan seperti carmentel, webbing, prusik, atau peralatan safety yang harus tetap dijaga kelenturannya.
• Cara kedua, persiapkan ramuan-ramuan seperti 25 gram sabun cuci, 25 gram agar-agar, 1,5 liter air panas dan 25 gram tawas. Dan setelah semua tersedia, larutkan semua bahan kedalam air panas yang tersedia tadi. Setelah semuanya terlarut, tambahkan 2 liter air dingin. Kemudian masukkan peralatan yang telah anda cuci bersih dan rendam selama 24 jam. Jangan lupa untuk membalik-balikkannya agar larutan dapat basah merata kesemua bagian perlengkapan anda. Kemudian jemur tanpa memeras dan sinar matahari langsung. Dan lihat hasilnya.
Selamat mencoba trik ini...

No comments:

Post a Comment

Advertise