Wednesday, January 19, 2011

Pengenalan Kritografi

Apakah Kriptografi itu?
Kriptografi (Cryptography) merupakan pengetahuan yang menggunakan persamaan matematis untuk melakukan enkripsi (encrypt) maupun deskripsi (descrypt) data. Teknik ini digunakan untuk mengkonversikan/ mengubah data ke dalam bentuk kode-kode tertentu, dengan tujuan informasi yang disimpan maupun ditransmisikan melalui jaringan yang tidak aman (misalnya internet), tidak dapat dapat dibaca oleh siapapun kecuali oleh orang-orang yang berhak.
Kriptografi secar umum digunakan dalam bidang keamanan informasi. Selain kriptografi, ada juga bidang lain yang dugunakan untuk menganalisas dan memecahkan sistem keamanan komunikasi. Bidang pengetahuan tersebut dinamakan kriptanalisis (cryptanalysis). Kriptanalisis sering disebut juga sebagai penyerang (attackers).
Pada umumnya, kriptografi modern menyediakan beberapa fungsi keamanan informasi, antara lain:
Fungsi enkripsi( encryption)
Pada bab ini kita akan mempelajari tiga metode enkripsi, yaitu konvensional (dengan menggunakan kunci simetris), menggunakan kunci publik, dan gabungan keduanya.
Tanda tangan digital (digital signature)
Protokol (aturan) dalam pembentukan kunci
Fungsi-fungsi tersebut digunakan untuk mewujudkan tujuan keamanan informasi yang telah dibahas sacara panjang lebar pada bab sebelumnya (bab 3), antara lain confidentiality, authentication, integrity, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Advertise